Friday, April 22, 2005

Kejadian kebetulan

Peristiwa/kejadian kebetulan

Apakah peristiwa/kejadian kebetulan hanya memang suatu peristiwa/kejadian yg terjadi begitu saja? Suatu peristiwa/kejadian yg terjadi karena memang murni kebetulan? Apakah ada sesuatu di balik peristiwa/kejadian kebetulan yg terjadi? Apakah ada sesuatu rencana besar di balik peristiwa/kejadian kebetulan?

Biasanya ada 2 pendapat mengenai peristiwa/kejadian kebetulan ini, yaitu:
1. Peristiwa/kejadian kebetulan = peristiwa/kejadian yg murni terjadi begitu saja dan tdk ada hubungannya dg peristiwa2 maupun individu2 yg lain.
2. Peristiwa/kejadian kebetulan = ada suatu rencana besar di balik terjadinya peristiwa/kejadian kebetulan.

Pernahkan kita mengalami peristiwa/kejadian kebetulan dlm kehidupan kita sehari2? Dalam suatu kesempatan tiba2 saja kita bertemu seorang kawan lama. Atau tiba2 ada ilham yg menjadi solusi permasalahan yg berhari2 tdk kunjung dpt penyelesaian (Eureka, begitu kata Archimedes). Suatu saat seluruh jalan hidup kita terasa di jalan yg benar dan semua hal yg kita kerjakan berjalan lancar.

Saat ini kita hidup dalam jaman yg lebih mengunggulkan "machoisme", suatu budaya yg mengutamakan sifat2 kejantanan kaum lelaki. Saat ini kita juga hidup dalam budaya yg merepresi (menindas) emosi dan suara2 yg muncul dari dalam diri. Emosi dan suara2 yg muncul dari dalam diri dianggap sebagai suatu kelemahan, dan oleh karena itu mesti ditindas hingga tidak muncul lagi. Akibat dari penindasan emosi dan suara hati tersebut adalah kita menjadi asing dg diri sendiri, walau dari luar kita tampak sebagai orang yg tampil gagah dan mandiri. Bila demikian halnya yg terjadi, maka segala peristiwa/kejadian yg menimpa kita akan tampak memang murni peristiwa/kejadian.

Akan tetapi, bila kita peka dan mendengarkan suara2 dari dlm diri, maka semua  peristiwa/kejadian yg menimpa kita akan tampak saling berhubungan utk menuju suatu "rencana" tertentu. Hal ini disebut "sinkronisitas". Sekarang tinggal bagaimana kepekaan kita utk membaca tanda-tanda dari suatu peristiwa/kejadian yg akan menuntun arah perjalanan hidup kita menuju diri yang optimal dan utuh penuh.

salam,
djuni pristiyanto

0 Comments:

Post a Comment

<< Home