Thursday, April 28, 2005

Upaya utk menumbuhkan rasa cinta alam kpd anak

At 12:43 27/04/05, you wrote:
tapi apakah anak2 kita sekarang sudah dikenalkan kpd pendidikan alam yg sesungguhnya???
-------------------------------

ini topik menarik utk kita bahas di forum ini. bagaimana cara kita utk menumbuhkan rasa cinta alam kepada anak2 kita? kalo menurut pengalamanku (saya punya anak berumur 2,4 tahun):

1. lewat bacaan cerita bergambar (anak kecil masih suka gambar2 binatang, mis: gajah, sapi, kuda, kambing, monyet, jerapah, kuda nil, orang utan). utk orang yg tinggal di kota jakarta, susah sekali utk ngajak anak lihat kambing/sapi/kuda.

2. nonton bersama vcd/dvd ttg kehidupan binatang (anak kecil belum tertarik dg pohon, sungai, gunung). pada saat nonton tsb kita berdua (anak en ortunya) sering berkomentar ttg binatang yg sedang muncul di layar tv dan bermain "binatang2an" (mis: kalo pas ada harimau yg sedang nongol, maka kita bermain "mengaum", kalo pas serigala yg nongol, maka kita bermain "melolong" mengikuti tingkah sang bintang di tv).

3. jalan2 ke kebun binatang. oleh karena tempat tinggal saya dekat dg ragunan, maka kalo ada waktu luang saya ajak anakku jalan2 ke ragunan. di sini, pengenalan anak thd binatang menjadi suatu yg nyata. kalo sebelum2nya baru di tingkat abstrak - buku, vcd, dvd, tv - maka ketika di ragunan si anak dpt melihat langsung dan kalo perlu berinteraksi dg binatang.

4. jalan2 ke gunung/pantai. kalo ada waktu en duit lebih, maka anakku saya ajak jalan2 ke gunung atau pantai. jelas sekali dia akan sangat senang dan menikmati kegiatan bermain pasir dan air kalo di pantai maupun berjalan2 di atas rerumputan dan menerobos semak2 kalo sedang main di gunung/hutan.

begitulah cara yg saya tempuh dlm upaya kami (saya en istriku) utk menumbuhkan rasa cinta alam kepada anak kami.

salam,djuni

0 Comments:

Post a Comment

<< Home