Tuesday, December 27, 2005

MANUSIA TRADISIONAL DAN MANUSIA MODERN

Apakah saya termasuk manusia tradisional atau kah manusia modern atau kah campuran keduanya? Saya termasuk golongan yang mana? Saya mungkin termasuk golongan campuran antara manusia tradisional dan manusia modern, dan dengan porsi terbesar pada unsur manusia modern. Apa dasarnya saya berkata demikian?

Menurut Mircea Eliade dalam bukunya yang berjudul Mercia Eliade, Mitos Gerak Kembali yang Abadi: Kosmos dan Sejarah, "Perbedaan pokok antara manusia yang berasal dari masyarakat kuno/tradisional dengan manusia dari masyarakat modern terletak dalam fakta bahwa manusia kuno merasakan dirinya tidak dapat dipisahkan dari kosmos dan irama kosmik, sedangkan manusia yang berasal dari masyarakat modern menyatakan bahwa dia berhubungan dengan sejarah."

Berdasarkan pernyataan dari Mircea Eliade ini, bagaimana penjelasanya sehubungannya dengan golongan saya di atas? Contoh nyata adalah pengalaman kecil saat jalan-jalan di Kraton Yogya kemarin dulu (lihat:
Pengalaman jadi wisdom di Kraton Yogya). Dalam hal ini saya lebih banyak berfikir dan bertindak yang sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek intelek. Bagi saya peristiwa-peristiwa dalam sejarah lebih bermakna peristiwa-peristiwa kosmik atau hal-hal supernatural lainnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home