Thursday, December 29, 2005

Yogyhurt Susu Kerbau

Pernahkan anda makan yogyhurt susu kerbau? Saat ini saya sedang menghadapi semangkok yogyhurt susu kerbau dengan es batu dan sirup gula kelapa. Bagaimana rasanya? Rasanya seperti makan tape singkong. Kenapa? Karena sebelumnya yoghurt itu saya simpan di dalam lemari es yang kemudian menjadi menggumpal. Walau sudah diaduk-aduk dan dengan dicampur es batu dan sirup gula kelapa, tetap saja yoghurtnya itu tidak mau mencair dengan cepat.

Dari mana datangnya ygohurt susu kerbau ini? Yoghurt susu kerbau ini berasal dari Bukittinggi, tepatnya dibeli oleh istriku di sekitar Jam Gadang Bukittinggi. Di sekitar Jam Gadang itu banyak penjual es campur yoghurt susu kerbau. Satu mangkok es campur yoghurt susu kerbau harganya Rp 5.000,-

Wadah asli yoghurt susu kerbau ini cukup unik dan ramah lingkungan, yaitu batang bambu dengan diameter 6 cm dan ditutup dengan sepotong daun pisang yang kemudian diikat sebuah karet gelang. Pemakaian karet gelang ini mungkin karena faktor kepraktisan saja dan murah harganya.

Resep asli yoghurt susu kerbau di penjual es campur di sekitar Jam Gadang Bukittingi antara lain: sebelumnya disiapkan sebuah mangkok yang diisi dengan ketan (tape ketan?), es yang diserut halus-halus, yoghurt susu kerbau, dan terakhir ditaburi dengan sirup gula kelapa. Bagaimana rasa es campur yoghurt susu kerbau asli bikinan penjual es campur di sekitar Jam Gadang Bukittingi? Kata istriku yang telah merasakannya, "Lezat sekali." Kalau dibandingkan antara rasa es campur yoghurt asli Jam Gadang dengan es campur bikinanku, apa bedanya? "Ya jelas beda jauh dong", kata istriku lagi.

Wah ........., sayang sekali saya tidak berkesempatan untuk mencicipi rasa es campur yoghurt susu kerbau asli bikinan penjual es campur Jam Gadang Bukittingi.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Yoghurt itu seperti itu nama aslinya "dadiah" bisa juga dimakan bersama nasi setelah di bubuhi bawang merah dan potongan cabe merah.

salam kenal

Thursday, January 26, 2006 6:49:00 AM  
Blogger popularz said...

jadi pingin nyoba nih,
keep blogg

Monday, February 06, 2006 2:11:00 AM  

Post a Comment

<< Home