Monday, February 13, 2006

Blog Lingkungan Ekosistem Pesisir

BLOG LINGKUNGAN EKOSISTEM PESISIR

Bila kawan-kawan tertarik dengan ekosistem pantai beserta foto-foto satwa dan tumbuhannya silahkan berkunjung ke Blog Lingkungan Ekosistem Pesisir <http://maruf.wordpress.com/> yang dibuat oleh Ma'aruf Kasim.

Blog Lingkungan Ekosistem Pesisir termasuk sederhana yang didominasi oleh warna putih serta warna-warna soft lainnya. Walau sederhana, blog ini penuh dengan informasi tentang ekosistem pesisir secara ilmiah populer sehingga mudah dipahami oleh orang awam. Selain itu ada satu hal yang menambah nilai plus dari blog ini, yaitu adanya gambar-gambar (foto) cantik baik satwa maupun tumbuhan di ekosistem pesisir. Bahkan ada sebuah gambar yang sangat mengenaskan, yaitu sekor dugong yang sedang dibelah oleh seseorang untuk diambil daging dan lemaknya <http://maruf.wordpress.com/tag/dugong-indonesia-konservasi-yang-jalan-di-tempat/>.

Siapa Ma'aruf Kasim itu? Identitas Ma'aruf Kasim adalah <http://maruf.wordpress.com/profile/>:

Name                  : Ma’ruf Kasim
Sex                    : Male
Marital Staus     : Married                       
e-mail                : marufkasim@gmail.com
Homepage          : www.pantai.netfirms.com

Mengapa Ma'aruf Kasim membuat Blog Lingkungan Ekosistem Pesisir yang cantik ini? Dalam kata pengantarnya <http://maruf.wordpress.com/about/>, Ma'aruf Kasim mengatakan antara lain:

"Sekarang saya  sementara belajar di Hokkaido University untuk Program Doktor bidang Ekologi Laut khususnya ekosistem pantai.

Sengaja saya buat beberapa bahasan tentang ekosistem Pantai Indonesia di sini dan beberapa aspek ekologi yang mungkin bisa di baca untuk memberikan sedikit gambaran tentang betapa besarnya manfaat lingkungan ekosistem Pantai di sekitar kita.

Kadang kita tidak menyadari kalau kita sangat tergantung pada lingkungan ekosistem pantai lebih dari 60 % dari kebutuhan harian kita.  Ini belum termasuk kepuasan batin akan keindahannya yang kita nikmati, namun  lambat laun dan dengan pasti Keindahan itu akan hilang.

Jika anda pernah menyaksikan panorama Pantai yang putih dengan bau khas laut yang unik, keindahan bawah laut dengan ekosistem lamun yang hijau, keunikan pantai mangrove dengan beribu hewan dan tumbuhan yang khas, keindahan terumbu karang yang penuh dengan jutaan hewan dan tumbuhan cantik.  Atau pun jika anda lebih jauh melihat keindahan struktur dari Diatom (phytoplankton).  Maka sekarang keindahan itu telah mulai tergusur oleh keegoan dan ketidak arifan manuasia sebagai pengubah langsung ekosistem tadi.

Sanggup kah keindahan yang amat sangat berharga itu kita  pertahankan.  Semoga."

Untuk mempermudah navigasi dan pencarian informasi di dalam blog ini, informasi dalam Blog Lingkungan Ekosistem Pesisir dikelompokkan ke dalam kategori-kategori, yaitu :
    * Dugong Indonesia : Konservasi yang jalan di tempat <http://maruf.wordpress.com/tag/dugong-indonesia-konservasi-yang-jalan-di-tempat/>
    * Estuary : Lingkungan unik yang sangat penting <http://maruf.wordpress.com/tag/estuary-lingkungan-unik-yang-sangat-penting/>
    * Hewan cantik yang tergusur <http://maruf.wordpress.com/tag/hewan-cantik-yang-tergusur/>
    * Kehidupan di balik “tandusnya” pantai berpasir <http://maruf.wordpress.com/tag/kehidupan-di-balik-%e2%80%9ctandusnya%e2%80%9d-pantai-berpasir/>
    * Kenali Padang Lamun untuk di Lindungi <http://maruf.wordpress.com/tag/kenali-padang-lamun-untuk-di-lindungi/>
    * Mengenal Diatom <http://maruf.wordpress.com/tag/mengenal-diatom/>
    * Mengenal Dugong <http://maruf.wordpress.com/tag/mengenal-dugong/>
    * Mengintip Kehidupan Pesisir Pantai Batuan <http://maruf.wordpress.com/tag/mengintip-kehidupan-pesisir-pantai-batuan/>
    * Penyu Laut <http://maruf.wordpress.com/tag/penyu-laut/>
    * Penyu Laut (Hewan cantik yang tergusur) <http://maruf.wordpress.com/tag/penyu-laut-hewan-cantik-yang-tergusur/>
    * Pola Percampuran Estuary <http://maruf.wordpress.com/tag/pola-percampuran-estuary/>
    * Seagrass (Ekosistem yang terabaikan…) <http://maruf.wordpress.com/tag/seagrass-ekosistem-yang-terabaikan/>
    * Seagrass bukan Rumput Laut <http://maruf.wordpress.com/tag/seagrass-bukan-rumput-laut/>
    * Tripneustes gratilla (Hewan unik penghuni Ekosistem lam <http://maruf.wordpress.com/tag/tripneustes-gratilla-hewan-unik-penghuni-ekosistem-lamun/>
    * Uncategorized <http://maruf.wordpress.com/tag/uncategorized/>

Terima kasih banyak kepada Ma'aruf Kasim atas Blog Lingkungan Ekosistem Pesisir yang cantik dan informatif ini. Dan selamat menggali informasi dan menikmati gambar-gambar (foto) ekosistem pesisir dari Blog tersebut.

Salam,
Djuni Pristiyanto
Moderator Milis Lingkungan <http://groups.yahoo.com/group/lingkungan> dan Milis Berita Lingkungan <http://groups.yahoo.com/group/berita-lingkungan>
My Blog:
# Jalan Setapak <http://djuni.blogspot.com/>
# Berita Lingkungan Indonesia <http://beritalingkungan.blogspot.com/>
# Peduli Bencana Jember <http://bencana-jember.blogspot.com/>

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Mas Djuni
Makasih banyak atas ulasannya
Sangat senang bisa masuk dalam maillist yang Mas Moderatori.
Sekali lagi Terima kasih banyak
Salam Hangat

Ma'ruf Kasim
Maaf baru di respon karena hampir dua bulan mempersiapkan ujian akhir saya.
Alhamduillah kemarin selesai semuanya.

Friday, February 17, 2006 4:31:00 PM  

Post a Comment

<< Home