Tuesday, May 08, 2007

Bumi kok tidak bergerak?

Bumi kok tidak bergerak?

Pada suatu hari anakku bertanya padaku, "Pa, bumi kok tidak bergerak?" "Nah lho", pikirku kebingungan. Saya berpikir keras utk menjawab pertanyaan ini. Anakku baru berumur 4,5 tahun dan bulan April 2007 ini mulai masuk taman kanak-kanak kelas nol kecil. Memang setiap akan berangkat tidur, baik tidur siang maupun tidur malam hari, anakku ini selalu minta dibacakan buku (jatahnya 2 buku cerita bergambar).

Utk menjawab pertanyaan ini saya jelaskan bahwa bumi ini besar sekali. Bumi ini bulat dan berputar selalu. Sangking besarnya, maka kita tidak merasa kalau bumi ini bergerak. Kita hanya merasa bahwa bumi ini diam saja, tapi yg bergerak adalah matahari, bulan dan awan-awan. Karuan saja anakku yg mendengar penjelasan ini bengong saja, "ndak dong blas" tampaknya.

Segera saya ambil buku Pustaka Alam Life yg berjudul BUMI. Anakku saya pangku dan saya tunjukkan gambar-gambar tentang bumi. Saya ceritakan ttg bumi dan planet-planet dan matahari. Saya cerita ttg gempa dan banjir (anakku pernah melihat dampak gempa saat di Jogja dan dampak banjir waktu ada banjir besar di Jakarta bulan Pebruari kemarin). Akan tetapi, mendengarkan cerita dan penjelasan yg menggunakan bahasa tinggi ini anakku tetap saja tidak paham.

Kawan-kawan, adakah yg bisa membantu saya utk menjelaskan kepada seorang anak usia 4,5 tahun dg bahasa yg sederhana dan mudah dimengertinya: "Bumi kok tidak bergerak?"

salam,
djuni

0 Comments:

Post a Comment

<< Home